Lakukan 8 Hal Ini Agar Motor Awet Dan Nyaman Digunakan Di Musim Hujan

Lakukan 8 Hal Ini Agar Motor Awet Dan Nyaman Digunakan Selama Musim Hujan

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tips untuk mengendarai motor di musim hujan. Nah sekarang saatnya juga membahas mengenai perawatan yang harus dilakukan pada motor menjelang maupun selama digunakan di musim hujan. Bukan hanya cara berkendara saja yang berbeda, perawatan untuk kendaraan pun sedikit berbeda selama digunakan di musim penghujan. Hal ini karena air hujan juga berpotensi merusak beberapa bagian dari kendaraan, dalam hal ini motor. Perawatan yang baik tentu akan membuat motor menjadi lebih awet dan siap digunakan selama musim penghujan. Apalagi jika Anda sering mengendarai motor tersebut di saat hujan sedang turun.

8 Tips Perawatan Motor Di Musim Hujan

Sangat disarankan untuk melakukan perawatan dan pengecekan yang lebih telaten pada motor jika sering digunakan saat musim penghujan. Hal ini karena kondisi berkendara yang berbeda membutuhkan kesiapan tersendiri dari motor tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan agar motor Anda tetap prima dan siap digunakan selama musim hujan :

  1. Lakukan 8 Hal Ini Agar Motor Awet Dan Nyaman Digunakan Di Musim HujanYang paling penting dari semuanya adalah ikutilah jadwal servis rutin yang disarankan oleh produsen motor yang Anda gunakan. Pengecekan dan perawatan rutin akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama Anda berkendara, misalnya motor mogok atau ada bagian kelistrikan yang konslet.
  2. Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi rem motor. Cek ketinggian minyak rem dan bersihkan kampas rem dan teromol (untuk rem teromol) agar pengereman lebih optimal. Pastikan ketebalan pad atau kampas rem masih dalam batas aman yang disarankan oleh pabrikan. Tanyakan pada mekanik saat sedang melakukan servis mengenai hal ini. Sekalian cek juga kondisi selang rem apakah ada kebocoran atau retak. Segera ganti selang rem dengan yang baru jika salah satu dari hal tersebut terdeteksi saat pemeriksaan.Lakukan 8 Hal Ini Agar Motor Awet Dan Nyaman Digunakan Di Musim Hujan
  3. Tekanan angin ban juga dapat mempengaruhi kondisi berkendara selama musim penghujan. Lebih disarankan agar tekanan angin ban tidak sebanyak saat dikendarai di kondisi jalan kering. Hal ini bertujuan agar kontak ban ke permukaan jalan lebih luas sehingga dapat memberikan traksi yang lebih baik pada permukaan jalan basah.
  4. Cek tegangan aki, kondisi kabel dan bagian sikring pada motor Anda. Jika ada sambungan kabel yang terlepas isolasinya maka segera dibungkus ulang agar tidak terkena air yang berpotensi menyebabkan korslet. Pastikan tegangan aki masih cukup bagus dan bagian kotak sikring tertutup atau terlindung dari air.
  5. Lakukan 8 Hal Ini Agar Motor Awet Dan Nyaman Digunakan Selama Musim HujanBerikutnya adalah lumasi setiap bagian yang bergerak atau bergesekan seperti rantai, batang engkol / starter mesin, as footstep, as handel rem dan atau kopling dan kabel kopling, dan bagian lain yang memerlukan.
  6. Bagi yang ingin menjaga kilau cat motornya agar bertahan lebih lama, maka ada baiknya bagian motor yang memiliki cat diberikan coating dahulu sebelum memasuki musim hujan. Dengan begini maka kilau dan ketahanan cat motor akan lebih bertahan karena terlindung oleh lapisan coating.
  7. Terakhir, setiap habis digunakan melalui medan basah, banjir ataupun kotor setelah hujan maka sesampainya di rumah ada baiknya motor segera dibilas dengan air bersih agar kotoran yang menempel tidak sampai mengering berhari-hari bahkan sampai mengeras. Akan lebih baik tentu saja jika bisa dicuci. Jika tidak, maka paling tidak dibilas saja dengan air bersih agar kotoran yang menempel dapat langsung terlepas.

Leave A Comment...

*